Erza Marlini

Guru IPA di SMP Negeri 1 Tualang Kab. Siak Prov. Riau Calon Guru Penggerak Angkatan 8 Kabupaten Siak Provinsi Riau...

Selengkapnya
Navigasi Web

KD dan IPK Materi Sistem Reproduksi Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas IX SMP

Dalam langkah-langkah menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kita diminta menulis RPP sesuai dengan materi yang menjadi penelitian kita. Sebelum menulis RPP, kita harus menetukan Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK).

Di bawah ini adalah KD dan IPK yang dijadikan salah satu acuan dalam menyusun RPP.

KD dan IPK Materi Sistem Reproduksi Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas IX SMP

Kompetensi Dasar

3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi

4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1.1 Mendeskripsikan fase-fase pembelahan mitosis dan meiosis.

3.1.2 Menjelaskan ciri setiap fase pembelahan mitosis dan meiosis.

3.1.3 Menjelaskan karakter atau sifat sel anakan hasil pembelahan mitosis dan meiosis.

3.1.4 Mengidentifikasi organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan.

3.1.5 Menjelaskan fungsi organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan.

3.1.6 Mendeskripsikan manfaat berkhitan.

3.1.7 Menuliskan fungsi beberapa zat yang dihasilkan oleh kelenjar vesikula seminalis.

3.1.8 Mengidentifikasi proses pembentukan sperma (spermatogenesis) dan proses pembentukan sel telur (oogenesis).

3.1.9 Mendeskripsikan proses pembentukan sel telur (oogenesis).

3.1.10 Menerapkan konsep pembelahan meiosis pada proses spermatogenesis dan oogenesis.

3.1.11 Mendeskripsikan siklus menstruasi yang terjadi pada dinding rahim.

3.1.12 Menjelaskan jenis dan fungsi hormon yang berperan pada siklus menstruasi.

3.1.13 Membuat grafik level hormon dalam siklus menstruasi.

3.1.14 Mendeskripsikan proses fertilisasi dan kehamilan.

3.1.15 Menjelaskan proses perkembangan janin selama dalam kandungan.

3.1.16 Mendeskripsika fungsi cairan ketuban bagi janin.

3.1.17 Menjelaskan gaya dorong dan gaya gesek yang terjadi pada proses melahirkan.

3.1.18 Menjelaskan berbagai macam penyakit pada sistem reproduksi manusia.

3.1.19 Menjelaskan upaya pencegahan penyakit pada sistem reproduksi manusia.

4.1.1 Menyajikan laporan hasil studi tentang penyakit pada sistem reproduksi.

4.1.2 Membuat poster tentang upaya pencegahan dan penularan penyakit seksual.

Sumber tulisan : Buku Guru IPA kelas IX edisi revisi 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post